Iklan Umum dan Iklan Kusus
TUGAS
Iklan secara Umum dan Iklan secara Khusus
puji syukur marilah kita panjatkan kehadiran tuhan yang maha esa sehingga kita dapat bertemu kembali, pertemuan kita kali ini yaitu mengenai iklan umun dan iklan khusus.
Baik kita langsung saja ke pembahasanya.
Pembagian Iklan Secara Umum
Secara teoristik menurut Bittner ada dua jenis iklan umum, yaitu :
Iklan Standar, yaitu iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan barang, jasa, pelayanan untuk konsumen melalui media periklanan.
yaitu iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan barang, jasa, pelayanan untuk konsumen melalui media periklanan.
Pembagian Iklan Secara Khusus
Menurut Courtland L. Bovee iklan secara khusus dapat dibagi dalam beberapa kategori, antara lain:
Berdasarkan khalayak sasaran psikografis .
Berdasarkan khalayak sasaran geografis .
Iklan internasional, nasional, regional, dan lokal
Berdasarkan penggunaan media .
Iklan media cetak dan media elektronik
Berdasarkan fungsi dan tujuan iklan .
Iklan produk/bukan produk, iklan komersial/bukan komersial, iklan berdampak langsung/tidak langsung
Sementara itu Alo Liliweri juga telah menyusun pembagian iklannya secara khusus yang meliputi, antara lain:
Berdasarkan Media yang Digunakan
Secara UMUM dapat dikelompokan menjadi dua kategori besar, yaitu iklan dalam media above the line dan below the line.
Media above the line memiliki beberapa karakter yang khas, antara lain;
1) Informasi yang disebarkan bersifat serempak
2) Khalayak penerima pesan cenderung anonim
3) Mampu menjangkau khalayak secara luas.
Contoh media ini antara lain Surat Kabar, Majalah, Tabloid, Televisi, Radio, dan Internet?
Sementara itu media below the line adalah iklan yang
menggunakan media khusus seperti antara lain leaflet, poster, spanduk,
bus stop, point of purchase (POP), stiker, shop sign, flyer, baliho? dll
Secara KHUSUS, berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibagi dalam beberapa jenis, antara lain:
Iklan Cetak
Iklan yang dibuat dan dipasang dengan menggunakan teknik cetak.
Teknik ini dapat berupa letterpress, photolitography, sablon, inkjet,
laser, dll
Beberapa bentuk iklan cetak ini antara lain iklan cetak surat kabar, majalah, baliho, poster, stiker, dll
Berdasarkan luas spacenya media cetak surat kabar, majalah, dan tabloid mengenal tiga bentuk iklan, yaitu:
Iklan baris, biasanya tidak lebih dari 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari saru kolom
Iklan kolom, memiliki lebar satu kolom namun lebih tinggi dibanding iklan baris
Iklan display, memiliki ukuran lebih luas dibanding iklan kolom
Iklan advertorial, memiliki ukuran luas seperti iklan
display namun dengan teknik penyampaian pesan lebih diarahkan pada
bentuk seperti sebuah berita
Iklan Elektronik
iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik. Secara spesifik iklan elektronik dapat berupa:
Iklan Radio
Iklan radio memiliki karakteristik hanya dapat didengarkan melalui
audio (suara) saja.Suara tersebut dapat berupa Voice, suara/kata-kata
manusia yang teratur; Musik, perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan
ritme tertentu dan harmonis; dan Sound Effect, suara-suara yang tidak
beraturan maupun efek suara alam
Iklan radio terdiri dari beberapa jenis, yaitu:
Ad lib – Disampaikan oleh penyiar secara langsung berupa siaran kata saja. Biasanya durasinya tidak lebih dari 60 detik
Spot – Disampaikan dengan teknik perekaman sebelumnya,
sehingga membutuhkan naskah terlebih dahulu. Durasinya berkisar antara
15 sampai dengan 60 detik.
Sponsor Program – Pemberian waktu khusus kepada sponsor untuk menyampaikan pesan dengan cara membiayai sebuah program acara radio
Iklan Televisi
Sesuai karakteristiknya iklan televisi mengandung unsur suara,
gambar, dan gerak. Oleh karena itu pesan yang disampaikan sangatlah
menarik perhatian dan impresif
Berdasarkan bentuknya iklan televisi dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu:
Live Action – Video klip iklan yang melibatkan unsur gambar, suara, dan gerak secara bersama
Animation – Iklan yang dibangun berdasarkan gambar-gambar
kartun (baik dua maupun tiga dimensi) baik gambar kartun yang digambar
dengan ketrampilan tangan maupun animasi komputer
Stop Action – Iklan televisi yang berbentuk perpaduan antara
live action dan teknik animasi sehingga memberikan efek dramatik iklan,
dimana ilustrasi yang rumit dapat digambarkan dengan baik dan menarik
Musik – Disampaikan melalui musik sebagai media penyampai
pesan. Artinya pesan iklan dikemas dalam sebuah alunan musik sebagai
kekuatan utama pesan iklan
Superimposed – Iklan televisi dalam bentuk gambar iklan yang
diperlihatkan di atas gambar lain, dalam hal ini gambar yang muncul
biasanya diperlihatkan di ujung layar sementara siaran te;evisi tetap
berlangsung
Sponsor Program – Iklan televisi dimana pihak pengiklan atau
sponsor membiayai program acara televisi tertentu dan sebagai
imbalannya ia dapat menyampaikan pesan iklan dengan lebih mendominasi.
Running Text – Iklan televisi dimana pesan diperlihatkan
muncul masuk secara perlahan bergerak dari kanan masuk pada layar lalu
menghilang pada sebelah kiri layar
Caption – Iklan televisi yang menyerupai superimpose, hanya
saja pesan yang digunakan hanya berupa tulisan. Biasanya digunakan untuk
mendukung iklan property endorsement
Backdrop – Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada latar belakang acara yang diadakan.
Credit Title – Iklan televisi dimana pesan iklan diperlihatkan pada bagian akhir ketika sebuah acara sudah selesai
Ad lib – Iklan televisi dimana pesan disampaikan dan
diucapkan oleh penyiar secara langsung, baik diantara satu acara dengan
acara yang lain maupun disampaikan oleh pembawa program acara tertentu
Property Endorsement – Iklan ini berbentuk dukungan sponsor
yang diperlihatkan pada berbagai hal yang digunakan sebagai kelengkapan
properti siaran maupun berbagai hal yang dikenakan oleh artis atau
penyiar (soft campaign)
Promo ad – Iklan yang dilakukan oleh pengelola televisi
untuk mempromosikan acara-acaranya, dengan harapan pemirsa tertarik
menonton acara yang ditayangkan, sehingga program acara tersebut
mendapatkan jumlah pemirsa yang cukup banyak
Contoh Iklan Layanan Masyarakat
Contoh Iklan Jasa
https://riskarostikan.wordpress.com/2013/11/03/definisi-iklan-dan-jenis-iklan/
https://salamadian.com/contoh-iklan/
KESIMPULAN: Iklan menurut saya adalah cara untuk membuat suatu jasa atau barang lebih bisa membuat masyarakat tertarik atau bisa mengubah tingkah laku masyarakat.
Sekian dari saya Wassalamu'alaikum wr, wb
By : Aldi Abdula Lawara
From : prodi S1. ARS Angkatan 2017
#anakpinggiran
https://salamadian.com/contoh-iklan/
KESIMPULAN: Iklan menurut saya adalah cara untuk membuat suatu jasa atau barang lebih bisa membuat masyarakat tertarik atau bisa mengubah tingkah laku masyarakat.
Sekian dari saya Wassalamu'alaikum wr, wb
By : Aldi Abdula Lawara
From : prodi S1. ARS Angkatan 2017
#anakpinggiran
Komentar
Posting Komentar